Tips memulai dan mengembangkan Bisnis Coffee Roaster – Dengan berkembangnya industri kopi, saat ini banyak coffee shops yang mulai tersedia dimana-mana, pertumbuhan jumlah dan penyebaran coffee shops ini pastinya akan membuat bisnis coffee roasting (roastery) juga akan ikut berkembang. Coffee shops akan membutuhkan Roastery yang akan membantu mereka dalam penyediaan biji kopi yang diinginkan. Kebanyakan dari kita menggeber marketing untuk mengembangkan bisnis kita. Kunci keberhasilan bisnis coffee roasting ditentukan dari banyak aspek, tidak hanya dari kualitas, konsistensi dari roasted beans yang dihasilkan dan sesuai dengan kebutuhan barista akan tetapi added value, mau berbagi dan terbuka, relasi dan komunitas serta marketing. Berikut ini aspek yang perlu anda perhatikan dan anda lakukan apabila ingin memulai dan mengembangkan bisnis coffee roaster anda.
Aspek-Aspek dalam Mengembangkan Bisnis Coffee Roasting
1. Kualitas
A. Material Stock
Pemilihan Supplier
Memilih supplier merupakan langkah pertama untuk memulai bisnis coffee roasting. Tentukan pemilihan supplier dengan kualitas green beans yang baik dan sesuai dengan kebutuhan serta memiliki komitmen untuk dapat menyediakan secara berulang terkait kuantitas dengan kualitas yang konsisten, transparan dan dapat dipercaya. Terkadang perlu juga untuk memiliki dan mengenal beberapa pilihan supplier green bean.
Manajemen Stok
Manajemen stok akan sangat berpengaruh terhadap bisnis anda, anda harus memastikan seberapa banyak kebutuhan green beans yang anda perlukan agar nantinya anda tidak akan kelebihan ataupun kekurangan green beans. Manajemen ini juga harus anda lakukan di masa penyimpanan dan disaat akan diproses. Manajemen ini dilakukan untuk memberi ketepatan pada pemasukan dan pengeluaran stok. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kesiapan anda dalam setiap pesanan yang datang dari konsumen
Kondisi Ruangan Penyimpanan
Siapkan sebuah ruang untuk menyimpan biji kopi baik itu untuk green beans maupun roast beans. Biji kopi perlu untuk dijaga sebaik mungkin karena hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dari biji kopi anda.
B. Sesuai Permintaan Customer
Kuantitas Biji Kopi
Sebagai coffee roaster yang baik dan dapat dipercaya, anda perlu untuk menyediakan biji kopi yang diperlukan oleh pelanggan anda. Berapa kebutuhan setiap bulannya? Memastikan ketersediaan kopi sesuai dengan permintaan pelanggan akan membantu anda agar pesanan pelanggan dapat anda proses secepatnya.
Kualitas
Kualitas juga merupakan salah satu hal penting untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan, misalnya coffee defect maka disini Quality Control perlu diperhatikan. Kualitas roasted beans memang dipengaruhi oleh green beans, akan tetapi proses selama roasting juga sangat berpengaruh kepada hasil akhirnya sehingga anda harus memperhatikan setiap proses green beans anda untuk mencapai kualitas yang anda inginkan. keunikan dan kekhasan yang terdapat pada roasted beans dapat menjadi nilai tambahan. Karena kualitas roasted beans anda akan sangat berpengaruh terhadap penjualan anda. Hasil roasting (notes) juga harus sesuai dengan permintaan customer.
Konsistensi
Setelah mendapatkan kualitas dan sesuai dengan apa yang diinginkan customer, anda harus bisa menjaga level produk anda. Kualitas yang sudah anda tetapkan harus dipertahankan agar terdapat kestabilan rasa dan mencegah pelanggan kehilangan minat terhadap roasted beans anda. Disini, Beans Property, Roast Plan dan Cupping Evaluation perlu di perhatikan dan dimonitoring dari setiap perubahan yang terjadi.
Pemeliharaan Performa Mesin dan Alat
Mesin dan alat harus terus dirawat dan dijaga agar performa dan umur pakai mesin tetap terjaga misalnya melakukan cleaning dan maintenance rutin. Pemeliharaan harus dilakukan karena performa dari mesin dan alat sangat diperlukan dalam menjaga kualitas dari roasted beans. Pemeliharaan harus dilakukan secara rutin, apabila terdapat suatu keganjilan maka harus ditangani secepatnya juga.
2. Added Value / Nilai Tambah
A. Ambil Kursus dan Pelatihan Roasting
Dengan mengikuti kursus dan pelatihan coffee roasting yang terpercaya, akan ada banyak hal yang bisa anda dapatkan seperti pengetahuan dan pengalaman baru baik teori maupun praktek yang pastinya akan banyak membantu anda saat nanti menjelaskan hal-hal teknis kepada calon customer. Anda juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang dapat dipertanggungjawabkan dan menambah nilai jual.
B. Transparansi dalam Proses
Selalu hormati pelanggan dengan menjadi transparan mengenai informasi profiles dan notes roasted beans anda. Berikan informasi yang benar, jelas dan akurat mengenai profile roasted beans serta Data QC anda agar anda mendapatkan kepercayaan yang layak juga dari pelanggan anda. Tidak perlu seluruhnya di share ke customer anda pertimbangkan mana yanng mereka perlu ketahui dan tidak. Sesekali ajak customer untuk melihat proses produksi dan cup evaluasi bersama.
C. Welcome Customers
Terus terbuka untuk segala jenis permintaan pelanggan, baik itu pelanggan baru atau lama, bahkan termasuk kustomisasi campuran maupun single origin untuk pelanggan wholesale namun tetap mempertimbangkan kemampuan, cost serta keuntungan yang didapat.
D. Buat Produk Baru yang Unik
Berani ambil risiko untuk membuat profile kopi yang unik. Jangan pernah berkompromi dengan kemampuan anda demi keuntungan. Tetapi gunakan kemampuan anda untuk mencapai hasil yang spesial dan unik. Memiliki produk anda sendiri merupakan salah satu cara untuk menambah pemasukan, experience serta branding.
E. Sample Gratis dan Harga Spesial
Tawarkan sampel gratis melalui partner coffee shop anda, dengan menawarkan cupping atau memberi sampel gratis seduhan roasted beans anda. Selain itu anda juga bisa memberikan harga khusus atau spesial untuk pelanggan wholesale.
3. Sharing dan Komunikasi
A. Pahami Kebutuhan Barista dan Market
Berkomunikasi dan memahami secara langsung kopi seperti apa yang diperlukan oleh barista akan memudahkan anda untuk juga terhubung dengan market. Dari situ anda juga akan mendapatkan informasi mengenai trend pasar.
B. Bagikan Informasi Mengenai Kopi Anda
Sebagai roaster, anda dapat membagikan informasi terbuka mengenai Prosedur dan bagaimana proses produksi anda mulai dari sourcing, tasting notes atau menyediakan tempat pelatihan untuk barista maupun cupping untuk memperkenalkan bisnis anda. Tentu saja tidak semuanya anda bisa bagikan.
Baca juga: Kenali Properti Biji Kopi Sebelum Meroasting
4. Relasi dan Komunitas
A. Relasi Yang Baik dengan Customers
Bangun ikatan dan relasi yang kuat dengan pelanggan anda melalui kepercayaan. Ramah, memberikan perhatian kepada customer. Dengan begitu anda akan dapat mencapai target anda.
B. Bangun Relasi Yang Kuat Terhadap Pemilik Coffee Shop
Bangunlah relasi pribadi dengan pemilik coffee shops dan kelola relasi tersebut. Berikan masukan untuk perkembangan coffee shop mereka, karena merekalah yang memiliki keputusan dalam perkembangan coffee shop.
C. Bangun Relasi Coffee Shop Kecil dan Tumbuh Bersama Mereka
Membangun relasi dengan coffee shop kecil akan sangat membantu mendorong perkembangan coffee shop partner anda dan dalam masa perkembangan tersebut, akan ada timbal balik antara coffee shop dan bisnis anda.
D. Jalin Komunikasi Positif dan Terus Menerus
Terus menerus memeriksa dan mengirim sampel ke coffee shop yang ada akan menunjukkan kepada pemilik coffee shops bahwa anda peduli dan akan membantu mereka dalam meningkatkan penjualan atau hanya mengobrol hal lain bersama di tempat mereka. timbal balik ini akan memberikan anda bisnis baru.
E. Terlibat Aktif Dalam Komunitas
Terlibat aktif dalam komunitas kopi di sekitar anda akan sangat bermanfaat. Anda bisa membangun koneksi dan relasi dari komunitas di sekitar anda tersebut mulai dari trend market, source, teknis dan lain-lain.
5. Marketing
A. Aktif Mencari Pelanggan Baru
Selalu aktif dengan mencari tempat baru yang membutuhkan roasted bean. Sehingga anda bisa mendapatkan pelanggan baru yang membutuhkan anda. Bagikan katalog atau brosur, berikan sampel gratis kepada calon pelanggan, setelah itu tindak lanjuti, dan bangun koneksi pribadi dengan mereka
B. Aktif Media Sosial
Buat toko anda menjadi lebih mudah diakses untuk pertanyaan dan aktif pada media sosial akan membantu anda menyoroti apa yang anda lakukan. Media sosial juga bisa menjadi tempat untuk sharing, promosi dan dapat juga menjangkau Home Brewers dengan produk anda.
C. Informasi Harga dan Wholesale Untuk Prospek
Komunikasikan informasi dengan jelas tentang harga, kopi, dan layanan lain yang anda tawarkan. Sehingga pelanggan tidak perlu repot repot mencari ataupun bertanya mengenai informasi layanan anda.
D. Customer Service
Customer service merupakan kunci dalam penjualan. Jika anda menghargai pelanggan, maka pelanggan akan menghargai anda.
E. Bangun Pelayanan "One Stop Shop"
Anda harus menjadi proaktif. Membangun pelayanan bisnis seperti konsultan mengenai bahan baku, installasi, dan peralatan. Jadikan bisnis anda menjadi satu tempat pemberhentian yang memberikan pelayanan yang lengkap sesuai dengan berbagai kebutuhan pelanggan.
Banyak aspek dalam membangun dan mengembangkan bisnis coffee roaster. Anda perlu sabar dan konsisten serta aktif dalam memasarkan produk anda. Anda bisa memanfaatkan 5 poin inti yaitu “Kualitas, Added Value, Mau Berbagi dan Terbuka, Relasi dan Komunitas, dan Marketing” dan penjabarannya untuk membantu anda dalam membangun bisnis anda. Semoga sukses!
Pratter Indonesia Premium Artisan Coffee Roasting Machine
Pratter merupakan mesin roasting kopi buatan Indonesia. Melihat potensi yang besar dari perkembangan industri kopi, pratter coffee roaster menjadi salah satu pilihan mesin coffee roaster dengan kualitas terbaik terutama untuk Bisnis Coffee Roasting Anda.
Pratter menggunakan pendekatan kebutuhan Industri Kopi (Roaster) dengan teknologi serta fitur yang tersedia didalamnya. Mengembangkan dan memproduksi mesin tipe Artisan (profiling, developing) namun dengan kestabilan dan endurancenya terutama untuk produk coffee specialty maupun classic, juga bisa memenuhi kebutuhan produksi jangka panjang.