Ketahui Cara Menyimpan Biji Kopi yang Baik dan Benar

Ketahui Cara Menyimpan Biji Kopi yang Baik dan Benar-1

Ketahui Cara Menyimpan Biji Kopi yang Baik dan Benar – Mungkin anda sudah tahu bahwa untuk mengeluarkan sebuah rasa dan aroma pada biji kopi akan diperlukan suatu proses yang bernama coffee roasting. Akan tetapi, biji kopi yang sudah diroasting dapat kehilangan rasa dan aromanya apabila anda tidak menyimpannya dengan benar. Bahkan hal ini juga berlaku kepada biji kopi yang sudah digiling. Anda tidak akan bisa mempertahankan aroma dan rasa yang dimiliki biji kopi, jika hanya dengan menyimpan biji kopi di dalam wadah yang kedap udara.

Dengan menyimpan biji kopi di tempat dan cara yang salah, maka akan terjadi perubahan rasa dan biji kopi tidak akan terasa segar lagi. Maka dari itu, banyak sekali hal yang harus diperhatikan dalam menyimpan kopi baik biji kopi maupun dalam bentuk bubuk. Simak informasi berikut untuk mengetahui lebih lanjut penyimpanan biji kopi.

4 Musuh Utama yang Harus Dihindari Biji Kopi

Dalam menyimpan bubuk maupun biji kopi, akan lebih baik apabila anda memperhatikan suhu, cahaya, udara, dan kelembapan. Berikut akan kami jelaskan mengapa anda harus memperhatikan ke-empat hal tersebut dalam menyimpan bubuk atau biji kopi:

Light Dark Coffee Roasting

Suhu

Biji kopi Tidak disarankan untuk diletakkan di tempat yang memiliki suhu panas yang begitu tinggi. Jika biji kopi diletakkan di tempat bersuhu tinggi, maka biji kopi akan menjadi lembap dan menimbulkan jamur yang akan merusak biji kopi. Akan lebih baik untuk menaruh biji kopi di tempat yang memiliki suhu ruangan, dan juga pastikan tempat tersebut kering dan gelap untuk menghindari cahaya.

Cahaya

Hindari biji kopi dari cahaya matahari, pastikan agar biji kopi tidak terkena panas dari cahaya. Hal ini dilakukan agar biji kopi tidak menjadi lembab sehingga rasa yang dimiliki tidak akan rusak dan berbau apek.

Udara

Simpan biji kopi di wadah yang dapat tertutup rapat. Jangan biarkan biji kopi anda terkontaminasi dengan udara terutama terhadap oksigen. Jika biji kopimu telah terkontaminasi dengan oksigen terlalu lama maka oksigen akan segera merusak biji kopi dan memperpendek umur simpan dari biji kopi. Semakin banyak oksigen yang terserap ke dalam biji kopi, maka semakin cepat pula biji kopi mengalami oksidasi.

Kelembapan

Udara yang lembap akan mengakibatkan biji kopi menjadi lembap dan berjamur. Suhu udara yang terus naik turun akan menyebabkan biji kopi menjadi lembap dan berembun sehingga dapat menyebabkan penjamuran pada biji kopi. Selalu gunakan wadah yang bersih dan memiliki bahan yang tidak terlalu panas untuk menyimpan biji kopi.

Cara Menyimpan Kopi Berdasarkan Bentuknya

Menyimpan Green Beans

Menyimpan green beans akan lebih mudah dibandingkan menyimpan roasted beans yang masih utuh maupun yang bubuk. Cukup letakkan ke dalam wadah plastik atau paper bag. Simpan di tempat yang memiliki suhu ruangan, sejuk, kering, dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Menyimpan Roasted Beans

roasted beans

Penyimpanan roasted beans yang masih utuh akan sangat lebih baik apabila diletakkan di tempat yang kedap udara dan memiliki sisi wadah yang buram sehingga tidak mudah tertembus sinar matahari. Pastikan roasted beans disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Apabila anda membeli roasted beans, anda juga bisa meletakkan di kemasan aslinya dan tutup kembali kemasan dengan rapat setelah mengambil biji kopi. Pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam kemasan kopi.

Menyimpan Kopi Bubuk

Sama seperti dengan roasted beans, kopi bubuk sebaiknya disimpan di wadah yang kedap udara dan bersisi buram. Kopi bubuk memiliki umur simpan yang lebih pendek dibandingkan roasted beans yang masih utuh. Penyebab dari hal ini karena kopi bubuk mudah menyerap udara dan tidak mampu mengunci rasa dan aroma yang terkandung di dalam biji kopi dalam kurun waktu yang lama. Karena itu simpan rapat kopi bubuk dalam wadah agar udara tidak masuk terlalu banyak. Letakkan juga kopi bubuk ini di tempat yang bersuhu ruangan, sejuk, dan kering.

Pratter Indonesia Premium Artisan Coffee Roasting Machine

Pratter merupakan mesin roasting kopi buatan Indonesia. Melihat potensi yang besar dari perkembangan industri kopi, pratter coffee roaster menjadi salah satu pilihan mesin coffee roaster dengan kualitas terbaik terutama untuk Bisnis Coffee Roasting Anda.

Pratter menggunakan pendekatan kebutuhan Industri Kopi (Roaster) dengan teknologi serta fitur yang tersedia didalamnya. Mengembangkan dan memproduksi mesin tipe Artisan (profiling, developing) namun dengan kestabilan dan endurancenya terutama untuk produk coffee specialty maupun classic, juga bisa memenuhi kebutuhan produksi jangka panjang.

Sharing is Caring. Share This Article!

Facebook
Twitter
WhatsApp

Grow Your Coffee Business With Us,

Every people needs premium and powerfull Coffee Roasters Machine

Before Leaving
Read First Our Latest Article
Click Here
Sebelum Pergi
Baca Terlebih Dahulu Artikel Terbaru Kami
Klik Disini
Previous slide
Next slide